Selasa, 07 Desember 2010

Info Post
Major Archbishop Lucian Mureşan of Făgăraş şi Alba Iulia

Gereja ini berakar dari Rumania. Dalam usaha untuk memahami Gereja ini, seseorang harus mengetahui sejarah wilayah ini.

Selama hampir 19 abad, telah bertempat tinggal di bagian tenggara Eropa – di tanah yang secara historis dikenal sebagai “Dacia Felix” – sekelompok penduduk yang berasal dari Roma. Negara ini adalah dan tetap adalah sebuah pulau yang dikelilingi oleh Laut Slavia. Negara Rumania muncul dari perpaduan Kolonis dan Legioner Roma, yang dibawa ke Dacia oleh Kaisar Trajan pada tahun 101, dengan unsur pribumi Dacia. Periode perkembangan negara Rumania berlangsung selama beberapa abad.

Selama masa tersebut, ada gangguan secara konstan yang disebabkan oleh invasi suku-suku dari Timur, yang menyapu bersih wilayah yang didiami oleh orang-orang Daco-Roman. Para misionaris dari Roma mengkristenkan populasi ini. Pada abad ke-11, Orang-orang Bulgaria memaksakan Yurisdiksi dan ritual Bizantium kepada orang-orang Rumania.
 

Bagaimanapun juga, keinginan untuk bersatu kembali dengan Tahta Roma selalu terpelihara dalam hati orang-orang Rumania meskipun mengalami kekerasan politik dan tekanan religius. Pada tahun 1700, orang-orang Rumania yang tinggal di Transylvania telah bersatu kembali dengan Tahta Roma, dan memasuki kembali Gereja Universal. Gereja inilah yang memberikan kebudayaan dan kesadaran nasional kepada Bangsa Rumania; memuncak dengan cepat pada tahun 1918 dalam reintegrasi politik dari semua Provinsi orang-orang Rumania menjadi satu negara Rumania.

Pada 1 Desember 1948, Rezim berkuasa Soviet menindas Gereja Katolik Byzantium di Rumania. Kebanyakan hierarki, klerus dan umat Katolik Byzantium  dimasukkan ke dalam penjara atau dikirim ke kamp pekerja karena menolak untuk meninggalkan iman Katolik mereka. Semua uskup dan banyak klerus meninggal di penjara. Pada tahun 1989, setelah revolusi antikomunis, dekrit pertama dari rezim yang baru adalah pengembalian lagi Gereja Katolik Yunani-Rumania. Kepala Gereja Katolik Yunani-Rumania saat ini adalah Major Archbishop (Uskup Agung Utama) Lucian Mureşan dari Major Archdiocese (Keuskupan Agung Utama) of Făgăraş şi Alba Iulia


Eparchy of Canton His Grace, Bishop John Michael Botean Chancery Office 1121 44th Street, N.E. Canton, Ohio 44714 Phone: 330-492-4086 Fax: 330-493-1416 Website: http://www.romaniancatholic.org