Selasa, 31 Mei 2011



"Siapakah aku ini sampai Ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan" (Luk 1:43-44)

Dalam Perikop di atas; Bunda Maria, Sang Bunda Allah, membawa Tuhan Yesus Kristus lebih dekat kepada St. Yohanes Pembabtis sehingga melonjak kegiranganlah St. Yohanes. Sampai sekarang pun kita mengalami bahwa Bunda Maria membawa Tuhan Yesus Kristus lebih dekat kepada kita yang hina ini. Melalui Bunda Maria pula, banyak orang datang dan semakin dekat kepada Tuhan Yesus Kristus. Berbahagialah kita karena kita boleh menjadi anak-anak Bunda Maria dan boleh memiliki relasi persaudaraan dengan Tuhan Yesus Kristus, Putera Bunda Maria.


Dari perikop di atas pun kita tahu bahwa Bunda Maria melakukan sebuah perjalanan misi berbahaya dalam keadaannya yang sedang mengandung untuk membawa Yesus hadir kepada mereka yang menantikan Sang Mesias, Juru Selamat. Menanggapi kunjungan Maria kepada Elizabeth sambil mengaitkannya dengan tugas Gereja mewartakan Injil, Paus Benediktus XVI berkata demikian:

"Gereja adalah misionaris menurut kodratnya, Gereja dipanggil untuk memproklamirkan Injil di mana pun dan selalu untuk menyebarkan Iman kepada setiap laki-laki dan perempuan dan kepada setiap kebudayaan. Kunjungan Maria adalah sebuah perjalanan Misi yang otentik. Kunjungan tersebut adalah perjalanan yang membawa Maria jauh dari rumahnya; mengantar Maria ke dunia, ke tempat-tempat yang asing bagi kebiasaannya sehari-hari dan membuatnya mencapai, dalam arti tertentu, batas-batas yang dapat dia capai." [1]


Umat Katolik, layaknya Maria, hendaknya mengambil bagian dalam karya misi ini. Hendaknya umat Katolik berani mewartakan Injil Kristus melalui kesaksian-kesaksian Iman dan perbuatan-perbuatan kasih kepada sesama. Sekaligus hendaknya umat Katolik tidak terjebak dalam paham indifferentisme dan relativisme iman, kedua paham yang mereduksi kecintaan seorang Katolik terhadap Iman Katoliknya. Proclaim your faith, guys.

[1] Mary Is the Mother of Missionaries, Says Pope
http://www.zenit.org/rssenglish-29441

Pax et Bonum