Rabu, 24 Oktober 2012


Paus Benediktus XVI dalam Audiensi Umum 24 Oktober 2012. Di sebelah kanan Paus adalah calon kardinal baru, Uskup Agung James M. Harvey dari AS.
Dalam Audiensi Umum yang dihadiri 20.000 peziarah pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2012 di Roma; Paus Benediktus XVI mengumumkan enam nama calon kardinal baru Gereja Katolik. Keenam calon ini akan diangkat secara resmi menjadi kardinal dalam Konsistori 24 November 2012 di Roma.
Keenam calon kardinal ini berasal dari 6 negara berbeda, tiga di antaranya berasal dari benua Asia, dan uniknya tidak ada satu pun calon kardinal baru dari benua Eropa. Dari enam nama calon yang ada, tidak ada satu pun dari negara Italia. Ini adalah hal yang tidak biasa terjadi mengingat Italia adalah penyumbang kardinal terbanyak dalam Gereja Katolik. 

Keenam calon kardinal baru itu adalah:
1. Patriark Pierre Bechara Rai (72) dari Gereja Katolik Maronit (Libanon).
2. Uskup Agung Utama Baselios Cleemis Thottunkal (63) dari Gereja Katolik Syro-Malankara (India).
3. Uskup Agung John Olorunfemi Onaiyekan (68) dari Abuja (Nigeria)
4. Uskup Agung Ruben Salazar Gomez (70) dari Bogota (Kolombia)
5. Uskup Agung Luis Antonio Tagle (55) dari Manila (Filipina)
6. Uskup Agung James M. Harvey (63) dari Amerika Serikat, Prefek Rumah Tangga Kepausan.

Penambahan 6 kardinal baru akan menaikkan jumlah anggota kolese kardinal ke angka 212 dan angka kardinal-elektor 120. Saat ini terdapat 116 kardinal-elektor, tetapi dua di antaranya, Kardinal Francis Arinze dan Kardinal Renato Martino, akan berumur 80 tahun sebelum tanggal 24 November 2012 dan dengan demikian kehilangan hak pilihnya dalam konklaf kelak.

Selama masa kepausannya, Paus Benediktus XVI telah mengangkat 67 kardinal baru, termasuk 2 uskup terkenal Amerika Serikat, Kardinal Timothy Dolan dan Kardinal Raymond Burke serta mantan Nuncio Vatikan untuk Indonesia, Kardinal Malcolm Ranjith dari Srilanka. Berikut ini foto masing-masing calon kardinal.

Uskup Agung Utama Baselios Cleemis Thottunkal

Patriark Pierre Bechara Rai

Uskup Agung Ruben Salazar Gomez

Uskup Agung James M. Harvey

Uskup Agung John Olorunfemi Onaiyekan

Uskup Agung Luis Antonio Tagle

Pax et Bonum