Kamis, 18 November 2010

Info Post

Ordo Santa Clara adalah:
Tarekat yang didirikan oleh Santa Clara dari Assisi- Italia. Seorang puteri bangsawan yang hidup tahun 1194-1253. Ia seorang yang teguh, kuat dalam iman, tegas, kukuh dalam mewujudkan cita-cita panggilan hidup, penuh kasih, perhatian, dan pelayanan terhadap sesama.
Pada tanggal 18 Maret 1212, ia lari meninggalkan istana orang tuanya dan menanggalkan status kebangsawanannya untuk memulai suatu hidup baru, yakni hidup dalam kemiskinan dan kedinaan, hidup dalam kesunyian dan doa, hidup dalam penyerahan diri total kepada Kristus.
Dialah wanita pertama dalam Gereja yang menyusun sendiri Anggaran Dasar bagi para saudari rohaninya yang kemudian diresmikan oleh Paus Innocentius IV pada tanggal 9 Agustus 1253 – Dua hari sebelum wafatnya.
Clara diresmikan sebagai orang kudus oleh Paus Alexander IV – sahabat dan pendukung cita-citanya pada tahun 1255. Setiap tanggal 11 Agustus, Gereja memperingati wafat Santa Clara.


Ordo Santa Clara merupakan:
Ordo ke-2 menurut kronologis dalam keluarga besar Fransiskan. Ordo yang secara utuh menyeluruh terarah kepada gaya hidup bersemadi (Ekslusif Kontemplatif): Meletakkan Firman (Tuhan Yesus Kristus) dalam hati dan hati dalam Allah yaitu memberikan kesaksian tentang Kristus yang bersemadi di gunung seorang diri bersama Bapa yang amat berkenan kepadanya.

Para Suster Ordo Santa Clara adalah:
Pribadi-pribadi yang mau dan berusaha untuk melanjutkan apa yang telah dicita-citakan, dirintis, dan yang telah diwujudkan oleh Santa Clara Assisi bersama puteri-puteri rohaninya yang pertama selama hidup di biara kecil San Damiano, Wasiat dan beberapa surat pribadi yang ditujukan kepada pengikutnya.
Dengan menepati kemiskinan dan kerendahan Tuhan Yesus Kristus serta IbuNya, yakni:
  1. Hidup dalam kesunyian dan ketersembunyian; hidup terpisah dari dunia ramai namun merangkul dunia melalui semadi.
  2. Hidup dalam semangat doa, kebaktian yang suci dan ulah tapa.
  3. Hidup dalam kesederhanaan: melaksanakan kerja sederhana (membuat hosti, pakaian liturgi, mengolah kebun, menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan rumah retret).
  4. Hidup dengan saling melayani serta semangat persaudaraan yang gembira, inilah, kami para suster Ordo Santa Clara mewujudkan cita-cita Santa Clara.
Dalam Ordo Santa Clara:
Masing-masing biara merupakan biara otonom. Namun demikian, biara-biara itu membentuk Federasi-federasi atau asosiasi-asosiasi. Ordo Santa Clara di Indonesia (Pacet dan Yogyakarta) merupakan anggota asosiasi di kawasan Asia-Oceania.

Alamat:
1. BIARA SANTA CLARA
Pacet – Sindanglaya, Cianjur 43253 Jawa Barat
Telp. 0263-512237, Fax. 0263-511067 E-mail: pacetosc@yahoo.com 
2. BIARA SANTA CLARA
Gang Mawar DP. I – 474 Santren, Mrican, Yogyakarta 55281
Telp. 0274-565909

Sumber: Pamflet Promosi Panggilan OSC 
Gambar:  75 Tahun Ordo Santa Clara Hadir di Indonesia - ofm.or.id