Jumat, 22 Maret 2013

Info Post

Pada Kamis Putih, tanggal 28 Maret 2013, Bapa Suci Fransiskus akan merayakan Misa Krisma di Basilika St. Petrus pada pagi hari dan kemudian pada pukul 17.30 waktu Roma merayakan Misa Kamis Putih di Penjara Orang Muda Casal del Marmo. Paus Fransiskus dikabarkan akan membasuh kaki 12 orang penghuni penjara tersebut. Sementara itu, Perayaan Pekan Suci lainnya akan dirayakan seturut tradisi.

Pada masa pelayanannya sebagai Uskup Agung Buenos Aires, Kardinal Bergoglio (Paus Fransiskus) terbiasa merayakan Misa di penjara, rumah sakit atau rumah sakit khusus kaum miskin dan terpinggirkan. Dengan merayakan Misa Kamis Putih di Casal del Marmo, Paus Fransiskus akan melanjutkan kebiasaannya yang dicirikan dengan kesederhanaan.

Menurut tradisi, Misa Kamis Putih dirayakan di Basilika St. Yohanes Lateran yang merupakan tahta katedral Paus Roma. Berdasarkan tradisi pula, para paus sebelumnya membasuh 12 imam pensiun / tua di Keuskupan Roma pada Misa Kamis Putih.

Selain karena kebiasaannya yang seperti itu, tampaknya Paus Fransiskus memilih merayakan Misa Kamis Putih di penjara karena konklaf yang “terlambat” sehingga belum sempat melaksanakan ritus khusus pengambilan tahta Basilika St. Yohanes Lateran. Dengan kata lain, Beliau belum “menduduki” tahta katedralnya. 

Paus Emeritus Benediktus XVI kala merayakan Misa Minggu Prapaskah ke-4 di Casal del Marmo
Sebagai informasi tambahan, pada tanggal 18 Maret 2007, pada Minggu Prapaskah ke-4 (Laetare Sunday – Minggu Sukacita), Paus [Em.] Benediktus XVI juga merayakan Misa di Kapel Bapa Maharahim di Penjara Orang Muda Casal del Marmo. Silahkan lihat foto-foto Paus Benediktus XVI mengunjungi Casal del Marmo di artikel ini.
 



Pax et Bonum