Senin, 22 Juli 2013

Info Post
TEMA DAN HIMNE HARI ORANG MUDA KATOLIK SEDUNIA 2013 (WORLD YOUTH DAY) DI RIO DE JANEIRO, BRAZIL (23 - 28 Juli 2013)

TEMA: Pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku. (Mat 28:19)

Tema WYD 2013 ini memanggil orang-orang muda Katolik sedunia untuk menerima panggilan misi, hidup sebagai saksi Kristus yang bangkit.

Tema ini diambil dari bagian penutup Injil Matius. Konteks tema ini adalah untuk mengenang dan menghormati Kebangkitan Kristus. Para murid, yang ketakutan dan mengunci diri di dalam rumah persembunyian karena takut akan orang-orang Yahudi, berjumpa dengan Kristus, pemenang atas maut. Perjumpaan dengan Kristus yang bangkit mendorong mereka semua untuk menghidupi amanah agung ini, amanah agung untuk menjadikan semua bangsa murid Kristus. Maria Magdalena melihat makam kosong dan ia bersaksi kepada Para Rasul. Petrus dan Yohanes percaya dan bersaksi ketika melihat linen dan kain kafan kosong. Para murid dalam perjalanan ke Emaus mengenal Yesus dalam peristiwa pemecahan roti oleh-Nya dan mereka bersaksi bahwa Yesus telah bangkit.

Yesus memberikan mandat kepada kita: Pergilah! Pergilah karena Aku telah bangkit dan Aku berjalan di depan kalian, sahabat-sahabat-Ku! Pergilah karena Aku adalah pemenang atas maut dan tetap menyertai setiap anggota Gereja-Ku! Pergilah dan wartakanlah kebangkitan!.

Pesan dari tema inilah yang ingin diresapkan dan ditanamkan ke dalam hati dari setiap peziarah muda Katolik. WYD memotivasi setiap orang muda untuk membawa terang Kristus yang bangkit mengalahkan kegelapan akibat ketakutan dan keraguan yang melumpuhkan. WYD mendorong setiap orang muda untuk menjadi misionaris bahkan di dalam situasi konflik, di negara-negara di mana orang-orang Kristiani dianiaya, di tengah dunia sekuler yang tidak ingin menghidupi nilai-nilai Kristiani.

Inilah amanah agung Gereja kepada orang muda Katolik. Pergilah, misionaris muda yang percaya kepada Kuasa Mengajar (Magisterium) Gereja dan dukunglah saudara seimanmu dalam liturgi dan hidup dalam komunitas! Pergilah dan mewartalah dengan talenta-talenta pribadimu! Pergilah dan teguhkanlah imanmu dengan jawaban dan penjelasan mengenai isu-isu yang melanda dunia pada masa kini! Pergilah dan jadilah saksi sukacita perjumpaan dengan Kristus yang bangkit.

HIMNE:
WYD mempunyai himne dengan pesan yang jelas dalam refren-nya bagi orang muda Katolik: "Jadilah Misionaris".

Versi Indonesia silahkan klik link ini:

http://www.youtube.com/watch?v=O5q7kVYx9vo
 
 
Anda bisa mendengarkan himne WYD ala nusantara. Luangkan waktu buat mendengarkannya, gak rugi lho.

Versi Arab silahkan klik link ini:

Tujuan saya beri versi Arab ini adalah saya mau menunjukkan kalau bahasa Arab itu tidak identik dengan agama tertentu. Jangan pernah pikirkan lagi bahwa Kekatolikan itu sekadar "Barat" tetapi Kekatolikan itu universal, dari Barat hingga ke Timur; utara ke selatan.

Versi Inggris silahkan klik link ini:

Musiknya keren dan begitu bersemangat.

STREAMING:
Akun resmi Vatikan di Youtube memberikan jadwal streaming WYD 2013. Klik di sini: http://www.youtube.com/user/vatican/videos?view=2&shelf_index=1&sort=dd&live_view=502

PERHATIAN: Jangan lupa share isi status ini semua, silahkan copy paste dan sebarkan agar orang muda Katolik yang tidak bisa merasakan langsung berada di Hari Orang Muda Katolik sedunia tetap bisa merasakan semangat orang muda Katolik. Jadilah misionaris!.

Admin pax et bonum (orang muda Katolik juga)