Sabtu, 20 Juli 2013

Info Post

World Youth Day (Hari Kaum Muda Sedunia) 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 23-28 Juli 2013 yang akan datang di Rio de Janeiro, Brazil. Salah satu kata kunci penting dalam WYD kali ini adalah INSPIRASI. Gereja Universal menetapkan 18 orang kudus sebagai Pelindung (Patron) dan Perantara Doa (Intercessor) bagi WYD 2013 ini agar para orang muda Katolik dapat mengambil inspirasi hidup dalam iman dari ke-18 orang kudus ini. Sebanyak 5 orang kudus dipilih sebagai Pelindung (Patron) dan 13 lainnya sebagai Perantara Doa (Intercessor). Berikut ini daftar dan penjelasan singkat ke-18 orang kudus tersebut beserta doa-doa singkat memohon perlindungan dan perantaraan mereka (Meski singkat, tapi karena jumlahnya banyak, artikel ini cukup panjang). Pembaca terutama orang muda Katolik diharapkan juga mencari sendiri kisah-kisah mereka yang lebih panjang dan detail sehingga dapat mengambil inspirasi dari kehidupan orang-orang kudus ini. Semoga teladan Para Kudus ini meneguhkan iman kita akan Yesus Kristus dalam Gereja-Nya yang kudus.

PELINDUNG (Patron)

Santa Perawan Maria Aparecida
Pelindung Gereja dan Keluarga
Pada tahun 1717, tiga nelayan, dalam perjalanan menjala ikan di perairan sungai Paraiba, menemukan patung Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda. Mereka menamakannya Virgin Nossa Senhora Aparecida (Bunda kita yang menampakkan diri). Oleh karena banyaknya mujizat dan meningkatnya devosi kepadanya, St. Perawan Maria Aparecida dinyatakan sebagai Santa Pelindung Brazil pada 1930 dan beberapa tahun kemudian sebuah basilika didirikan untuk menghormati St. Perawan Maria Aparecida yang setiap tahunnya menerima jutaan peziarah. WYD memohon perlindungan St. Perawan Maria Aparecida sebagai Pelindung Gereja dan Keluarga.
Doa: Bunda Allah dan bundaku, janganlah berhenti mendoakan keluargaku. Hari ini, aku mendedikasikan diriku kepadamu. Amin.

Santo Sebastianus
Prajurit dan Martir Iman
Santo Sebastianus lebih memilih iman kepada Kristus dari pada kehormatan sipil atau militer. Oleh karena hal ini, ia dikeluarkan dari legiunnya dan meninggal dalam penganiayaan terhadap umat Katolik oleh Kaisar Romawi Diokletianus pada tahun 300. Kita dapat melihat keberanian dan cinta kepada Tuhan Yesus dalam kehidupan Santo Sebastianus. WYD memohon perlindungan St. Sebastianus sebagai Prajurit dan Martir Iman.
Doa: Semoga perantaraanmu memberikan saya rahmat untuk taat kepada Allah daripada kepada manusia dan untuk menjadi Prajurit Kristus. Amin.

Santo Antonius dari Santana Galvao
Pewarta Damai dan Kasih
St. Antonius lahir di Guaratingueta pada tahun 1739. Ia lahir dalam keluarga yang kaya namun ia menolak itu semua dan masuk ke dalam Ordo Hina Dina (Fransiskan). Ia adalah pewarta damai dan kasih dengan kata-kata dan perbuatan. Ia menjadi model pewarta. Mujizatnya dimulai sejak masih hidup di mana pil-pil yang ia buat sendiri memberikan banyak penyembuhan luar biasa. WYD memohon perlindungan St. Antonius dari Santana Galvao sebagai Pewarta Damai dan Kasih.
Doa: Aku berdoa, semoga dengan teladanmun aku akan menjadi promotor damai dan kasih dalam setiap momen kehidupanku. Amin.

Santa Teresa dari Lisieux
Pelindung Misi
St. Teresa dari Lisieux atau disebut juga St. Teresa dari Kanak-kanak Yesus lahir di Prancis pada tahun 1873. Pada umur 15 tahun, atas izin khusus dari Paus, ia menjadi biarawati di sebuah biara Karmelit; ia hidup di sana dengan kerendahan hati dan kesederhanaan dalam keyakinan penuh kepada Allah. Ia adalah santa yang unik; Ia adalah Santa Pelindung Misi tetapi ia sama sekali tidak pernah pergi ke daerah misi. Pada tahun 1927, ia diangkat sebagai Santa Pelindung Misa oleh karena keinginan mendalamnya untuk menjadi seorang misionaris dan kehendaknya untuk memberikan segala sesuatu bagi kebaikan orang lain. WYD memohon perlindungan St. Teresa dari Lisieux sebagai Pelindung Misi.
Doa: Berikanlah kepadaku semangat misionarismu, O Santa Teresa, untuk memberitakan Kristus ke seluruh tempat. Amin

Beato Yohanes Paulus II
Sahabat Kaum Muda
Paus Yohanes Paulus II adalah pencetus Hari Orang Muda Sedunia pada tahun 1984. Ia dipandang sebagai Paus Kaum Muda, ia berkarya dalam dialog dengan kaum muda dan mengundang kaum muda untuk mengenali posisi dan misi mereka dalam Gereja. Ia berjuang sampai akhir hidupnya, berjuang berbagi kebahagiaan untuk menyerahkan diri kepada Kristus dan Bunda Maria. WYD memohon perlindungan Beato Yohanes Paulus II sebagai Sahabat Kaum Muda.
Doa: Berikan kepadaku, melalui perantaraanmu, rahmat untuk mendapatkan spirit sahabat sejati layaknya engkau yang adalah sahabat sejati kepada orang-orang muda. Amin.
 
PERANTARA DOA (Intercessor)

Santa Rosa dari Lima
Setia kepada Kehendak Allah
Isabel Flores lahir di Lima, Peru, pada tahun 1576. Rosa adalah nama panggilannya karena kecantikan parasnya. Ia adalah Santa pertama dari benua Amerika dan dikenal akan kehidupan doa dan pertobatan yang begitu kuat. Ia mengalami banyak kesulitan dalam hidupnya, tetapi ia menghadapinya dengan ketabahan yang luar biasa, meniru Kristus yang malang dan tersalib. WYD memohon perantaraannya untuk menjadi seorang yang setia kepada kehendak Allah.
Doa: Tolonglah aku dalam pencarian akan kesetiaan kepada kehendak Allah dalam hidupku. Amin.

Beato Pier Giorgio Frassati
Dengan cinta yang teguh kepada orang-orang miskin dan Gereja
Beato Frassati lahir di Turin pada tanggal 6 April 1901. Pada kelahirannya, ia didiagnosa menderita gangguan sistem pernapasan sehingga ia segera dibaptis. Ia adalah sahabat orang miskin, melihat Kristus di dalam mereka. Pada umur 18 tahun, ia bergabung dalam Persaudaraan Rosario Pollone dan Komunitas St. Vinsensius de Paulo. Ia selalu mencintai kerendahan hati, membaktikan dirinya untuk melakukan perbuatan baik. WYD mengakui Beato Frassati sebagai seorang yang dengan teguh mencintai kaum miskin dan Gereja.
Doa: Bimbinglah aku untuk membuat pilihan dalam hidup yang lebih mementingkan untuk melayani dan mencintai Gereja dan sesamaku. Amin.

Beata Chiara Luce Badano
Yang sepenuhnya memberikan dirinya kepada Yesus
Beata Chiara Luce Badano lahir di Sassello di Italia. Ketika umur 10 tahun, ia mengalami pengalaman perjumpaan dengan Allah yang mengubah hidupnya dan hidup orang tuanya. Sejak saat itu, ia memutuskan untuk menghidupi Injil dengan radikal, untuk mencintai semua orang di sekitar dia. Ketika ia berusia 18 tahun, ia didiagnosis menderita kanker tulang. Ia hidup dengan keberanian yang besar menjalani setiap bagian dari penyakitnya. WYD memohon perantaraan Beata Chiara untuk komitmen total kepada Yesus.
Doa: Tolonglah aku mengatasi tantangan yang dihadapi kaum muda masa sekarang sehingga hidupku dapat kuberikan kepada Yesus Kristus tanpa syarat. Amin.

Beato Frederick Ozanam
Pelayan Kaum Miskin
Beato Ozanam lahir di Milan, Italia. Ia hidup dalam atmosfer semangat kasih yang dalam, terutama oleh teladan orang tuanya. Dalam cinta terhadap isu eksistensial dan spiritual, Beato Ozanam mempelajari filosofi di mana ia menemukan argumen yang mendukung komitmen sosial orang-orang Katolik. Ia meninggal pada tahun 1853 pada usia 40 tahun, meninggalkan warisan berharga Konferensi Serikat Vinsensian   dan telah melakukan kehendak Allah dalam hidupnya. WYD memohon perantaraan Beato Ozanam sebagai Pelayan Kaum Miskin.
Doa:  Dengan perantaraanmu, semoga kami dengan sungguh-sungguh berbagi dengan kaum yang paling membutuhkan dan memberikan bantuan kepada yang menderita. Amin

Beato Adilio Daronch
Sahabat Kristus
Beato Daronch lahir pada Oktober 1908 di Dona Francisca, Brazil. Sejak masa kecilnya, ia senang sekali berdoa dan melayani dalam Misa. Pada umur 16 tahun, ia dibunuh bersama dengan Romo Manuel Gomez Gonzalez dalam perjalanan mengunjungi komunitas Kristiani di tempat yang jauh oleh kaum revolusioner. WYD memohon perantaraan Beato Daronch untuk persahabatan yang teguh dengan Kristus.
Doa: Semoga dengan mengikuti teladan kebajikanmu, kami boleh diterima sebagai sahabat-sahabat Kristus dalam hidup ini dan hidup yang akan datang. Amin.


Santa Teresa dari Andes
Merenungkan Kristus
St. Teresa lahir di Chile pada tahun 1900. Sejak umur 6 tahun, ia hampir setiap hari datang ke Misa Kudus. Keteguhannya akan Ekaristi mengungkapkan kehausan batinnya untuk bertemu Kristus. Banyak orang berkata bahwa sebelum masuk ke Karmel pada umur 17 tahun, ia menjalani kehidupan yang kudus yang menarik jiwa kepada Allah. Ia selalu sadar bahwa doa dan pengorbanannya dapat memperbaiki dan memurnikan dunia. Sekarang dalam makamnya kita menemukan kata-katanya: “Cinta lebih kuat.” WYD memohon perantaraan Santa Teresa untuk belajar merenungkan Kristus.
Doa: Semoga dengan perantaraanmu, saya dapat menemukan dalam diri saya keinginan untuk menyembah dan memuliakan Yesus tanpa henti. Amin.

Beato Jose de Anchieta
Rasul Brazil
Beato Anchieta lahir pada tahun 1534 di Tenerife, Kepulauan Canary (Spanyol). Ia bergabung ke dalam Serikat Yesus (Yesuit) dan dikirim menjadi misionaris ke Brazil. Ia ditahbiskan pada tahun 1566 dan melayani sebagai superior komunitas dan kepala semua misi di Brazil dengan kebijaksanaan yang besar. Ia meninggal pada tahun 1597 dan menerima gelar “Rasul Brazil”. WYD memohon perantaraan Beato Anchieta sebagai Rasul Brazil dalam pelayanan misi.
Doa: Seperti teladanmu, semoga kami berkembang dan berbuah dalam aktivitas misionaris di seluruh negara kami. Amin.


Beato Isidore Bakanja
Martir Skapulir
Beato Isidore Bakanja lahir sekitar tahun 1890 di Bokendela, Kongo (sebuah negara di Afrika). Hidupnya sangat miskin dan bekerja sebagai petani upahan. Ia dibaptis pada tahun 1906 berkat perjumpaannya dengan misionaris Karmelit yang memberikannya sebuah Rosario dan Skapulir Santa Perawan Maria Bunda Karmel. Ia memiliki devosi mendalam kepada Santa Perawan Maria. Ia sering berdoa dan bernyanyi sembari bekerja. Sekali waktu, pengawasnya memerintahkan ia untuk berhenti sharing tentang Injil dan melepaskan skapulir yang ia gunakan sebagai tanda imannya. Beato Bakanja menolak perintah tersebut dan akhirnya pengawasnya marah dan memukul serta merantai dia secara brutal. Beato Bakanja akhirnya meninggal karena infeksi luka pukulan yang semakin hari semakin parah. WYD memohon perantaraan Beato Isidore Bakanja sebagai Martir Skapulir.
Doa: Semoga dengan teladan imanmu, kami diteguhkan melawan kesusahan dalam hidup kami dan kami pun dilindungi oleh Bunda Maria, bunda kita. Amin

Beata Suster Dulce
Duta Cinta Kasih
Beato Dulce lahir di Salvador pada tahun 1914. Sejak masih muda, ia menunjukkan semangat kemurnia. Dia dikenal akan ketekunan dan usahanya merawat orang-orang sakit. Dia tidak pernah menutupkan pintu bagi orang-orang yang membutuhkan pertolongannya. Ia bergabung ke dalam Kongregasi Suster-suster Misionaris Bunda Allah Yang Dikandung Tanpa Noda. Ia mendirikan beberapa asosiasi, sekolah dan rumah sakit. WYD memohon perantaraan Beata Suster Dulce sebagai Duta Cinta Kasih.
Doa: Berdoalah bagi kami, oleh malaikat baik dari Brazil, sehingga kami boleh berbagi dengan sukacita segala karunia yang kami terima dengan mereka yang membutuhkan. Amin.

Santo Georgius
Pejuang Melawan Iblis

Dalam tradisi Gereja, St. Georgius adalah seorang prajurit romawi pada masa Kaisar Diokletianus. Ia bertobat dan menjadi seorang Katolik. Karena menjadi Katolik, ia dianiaya dan dipenggal. Sejak abad ke-4, ia dihormati dalam Gereja sebagai martir Kristus. Tradisi Gereja menggambarkan St. Georgius sebagai seorang berkuda yang menghadapi dan mengalahkan naga, menyimbolkan keteguhan iman. WYD memohon perantaraan St. Georgius sebagai pejuang melawan iblis.
Doa: Dengan teladanmu, semoga kami dikuatkan dalam iman dan dikuatkan dalam menghadapi serangan-serangan yang jahat dalam penantian kami akan kedatangan Kristus. Amin.

Beata Laura Vicuna
Martir Kemurnian
Beata Laura Vicuna lahir di Chile pada tahun 1891. Pada umur 10 tahun, ia menerima Komuni Kudus pertamanya dan setelah itu ia mencintai Kristus dengan segala kemampuannya. Ia berjuang untuk membuat Kristus dikenal. Sejak kematian ayah kandungnya, Laura bersama ibu dan adiknya pindah ke Argentina. Di Argentina, ibunya menemukan pekerjaan di sebuah perkebunan dan tinggal bersama laki-laki pemilik perkebunan bernama Manuel Mora dalam hubungan sipil. Ibunya hidup tidak seturut ajaran Kristiani sementara Manuel Mora adalah seorang yang kasar dan sering memukul ibunya. Manuel Mora bahkan memaksa Laura untuk berbuat dosa dan melarang Laura untuk menjadi biarawati. Walau Laura baru berusia 12 tahun, ia teguh pada pendiriannya dan semua karena iman dan cintanya kepada Yesus. Pada 14 Januari 1904, Laura dipukul dan dianiaya oleh Manuel Mora yang sedang mabuk berat. Kesehatannya terus memburuk dan 8 hari kemudian Laura meninggal. Ibunya mendengar Laura mempersembahkan dirinya untuk pertobatan ibunya. Sejak saat itu, ibunya bertobat, meninggalkan Mora dan kembali ke Gereja. WYD memohon perantaraan Beata Laura Vicuna sebagai Martir Kemurnian.
Doa: Berikanlah kepadaku rahmat dan pertolongan untuk mematuhi kehendak Allah Bapa dengan hati yang murni. Amin.

St. Andreas Kim dan Para Martir Korea
Martir Evangelisasi
Pada awal abad ke-18, iman Kristen datang pertama kali ke Korea. Sebuah kelompok yang teguh mendapatkan bimbingan rohani oleh Romo Andreas Kim, imam pertama komunitas tersebut. Pada 3 kali penganiayaan terhadap orang-orang Kristen antara tahun 1839 dan 1866, ia meninggal bersama 102 martir lainnya, memberikan darahnya yang berharga bagi Gereja Korea. WYD memohon perantaraan St. Andreas Kim dan Para Martir Korea sebagai Martir Evangelisasi.
Doa: Mohon berdoalah tanpa lelah bagi kami sehingga kami selalu disatukan kepada Kristus dan bertekun dalam iman kami sehingga kami boleh membawa kebenaranmu kepada mereka yang percaya kepada kami.

Beata Albertina Berkenbrock
Yang saleh dalam nilai-nilai Injil
Beata Albertina Berkenbrock lahir di Santa Catarina pada April 1919. Pada umur 12 tahun, ia dibunuh karena ingin mempertahankan kemurniannya. Kemartiran dan kekudusannya menyebar dengan cepat. Ia adalah seorang anak perempuan yang membangun kepekaan besar dalam hubungannya dengan Allah dan sesamanya. WYD memohon perantaraannya sebagai yang saleh dalam nilai-nilai Injil.
Doa: Semoga melalui perantaraanmu, saya menemukan kebahagiaan yang datang dari ketekunan dalam menghidupi nilai-nilai Injil. Amin.


Pax et bonum 
diterjemahkan oleh Indonesian Papist dari situs www.rio2013.com