Jumat, 19 Juli 2013

PROFICIAT, UMAT KEUSKUPAN TANJUNGKARANG PUNYA USKUP BARU

Pada hari ini tanggal 19 Juli 2013, Paus Fransiskus mengangkat Romo Yohanes Harun Yuwono sebagai Uskup Tanjungkarang yang baru menggantikan Uskup Andreas Henrisusanta, SCJ yang pensiun pada tanggal 6 Juli 2012. Pada masa sedevacante Keuskupan Tanjungkarang sejak Juli 2012 hingga terpilihnya Romo Yuwono sebagai uskup; Uskup Agung Aloysius Sudarso, SCJ menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Tanjungkarang.


Informasi pengangkatan Romo Yohanes Harun Yuwono sebagai Uskup Tanjungkarang diberitakan oleh situs berita resmi Vatikan (news.va) dalam versi bahasa Italia.

Il Santo Padre ha nominato Vescovo della diocesi di Tanjungkarang (Indonesia) il Rev.do Yohanes Harun Yuwono, del clero di Pangkal-Pinang, Rettore del Seminario Maggiore Interdiocesano St. Petrus a Pamatangsiantar.

Romo Yohanes Harun Yuwono lahir pada tanggal 4 Juli 1964 di Way Ray - Padang Dermin, Keuskupan Tanjungkarang. Beliau ditahbiskan menjadi imam pada 8 Desember 1992 untuk Keuskupan Pangkal-Pinang. Pada tahun 1993-1994, Beliau menjadi pastor rekan di Sungailiat dan penanggungjawab Paroki Mentok. Pada tahun 1994-1998 studi doktoral Islamologi di PISAI Roma; pada tahun 1998-2008 menjadi formatur Seminari Tinggi St. Petrus; pada tahun 2008-2009 mengikuti Short Course di East Asian Pastoral Institute Manila; dan pada tahun 2009-2010 menjadi Chairman Sekretariat Pastoral Keuskupan Pangkalpinang. Saat diangkat menjadi Uskup Tanjungkarang yang baru, Beliau adalah Rektor Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Pematangsiantar dan Dosen Islamologi di STFT St. Yohanes Pematangsiantar.

Pax et bonum

sumber foto: http://www.seminarikwi.org/files/Rm.%20Yuwono2.JPG
Ket: Rev.do pada artikel bahasa Italia di atas adalah singkatan dari Reverendus Dominus yang merupakan gelar resmi setiap imam diosesan (Projo).