Senin, 27 Agustus 2012

Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.



Blog Katolik bernama Indonesian-Papist ini dibuat pada tanggal 11 Juli 2010 pada Peringatan Wajib St. Benediktus dari Nursia. Nama Indonesian-Papist ini memiliki arti orang Indonesia yang setia terhadap Paus, Uskup Roma. Nama ini dipilih karena dapat mewakili prinsip “100% Katolik dan 100% Indonesia”. Karya blog ini dipercayakan kepada perlindungan Santo Petrus dan Santo Paulus, dua orang Rasul utama Gereja Katolik.

Blog ini pada mulanya dibuat untuk menyimpan catatan-catatan facebook milik saya supaya tidak hilang seandainya akun facebook saya diblok oleh Facebook. Namun, seiring waktu, saya berencana untuk mengembangkan blog ini lebih luas lagi sehingga dapat membantu umat Katolik untuk semakin mencintai Kristus dan Gereja Katolik. Arus ajaran keliru seperti indifferentisme (menganggap semua agama sama-sama menyelamatkan) dan relativisme iman (kebenaran iman itu relatif bukan absolut) yang semakin kuat di dalam kehidupan banyak umat Katolik semakin memotivasi saya untuk terus mendorong kecintaan umat Katolik terhadap Gereja Katolik.

Materi-materi yang dapat pembaca temukan di blog ini secara garis besar mengenai Gereja Katolik yang adalah Gereja yang didirikan Kristus sendiri di atas St. Petrus (Mat 16:18). Sebagian artikel di blog ini adalah tulisan pribadi saya, sebagian artikel lain adalah tulisan dari pihak lain yang diterbitkan ulang, dan sebagian lagi adalah terjemahan dari artikel-artikel lain. Saya juga menyertakan link dari situs-situs Katolik, baik dalam maupun luar Indonesia, yang memiliki kredibilitas yang tinggi dan sering dijadikan sebagai sumber atau source oleh banyak umat Katolik.

Akhir kata, selamat menikmati blog sederhana ini dan semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Salam damai dari seorang manusia yang diikat oleh Sang Jalan dan Kebenaran dan Hidup di dalam Tiang Penopang dan Dasar Kebenaran yang IA sendiri dirikan di atas Sang Batu Karang.

Tentang Pemilik Blog

Saya, Robby Kristian Sitohang, adalah seorang Katolik berusia 21 tahun dari Paroki St. Agustinus Sungai Raya, Keuskupan Agung Pontianak. Saya baru saja menamatkan kuliah saya Juli 2013. Saya dibaptis pada tanggal 14 April 1994 dengan nama Kristian oleh Pater Bart Janssen, OFM. Cap. di Paroki St. Agustinus Sungai Raya dan saya dikrismakan oleh Uskup Hieronimus Bumbun, OFM. Cap. pada tanggal 11 Februari 2009 dengan nama Servasius di Paroki St. Sesilia Pontianak.

Aktivitas rohani di dunia nyata saya adalah menjadi anggota Legio Mariae dan Ordo Fransiskan Sekuler (Fransiskan Awam) di Keuskupan Bandung
(Update: Saya tidak aktif di keduanya untuk saat ini).  Tahun 2011 lalu hingga 2013, saya sempat menjadi sukarelawan pengajar agama Katolik untuk kelas 2 SMP bagi siswa-siswi Katolik yang bersekolah di sekolah negeri atau sekolah non-Katolik serta pernah tergabung di seksi pewartaan Paroki Buah Batu, Bandung, sebagai pembantu pengajar katekumen. Namun, oleh karena kesibukan pekerjaan saya saat ini di pertambangan, saya kesulitan untuk berpartisipasi lagi di bidang katekese di dunia nyata. Sedangkan di dunia maya, saya diberi kepercayaan untuk menjadi administrator page Gereja Katolik dan Katolik Indonesia. Saya juga menjadi penulis tetap di sebuah buletin Katolik bulanan, Buletin Lentera Iman, milik Komsos Keuskupan Agung Makassar.

Saya terjun dalam dunia apologetika (pertanggungjawaban iman) dan katekese dunia maya sejak September 2009. Kala itu saya diundang ke sebuah grup diskusi Kristen-Islam di facebook oleh teman saya. Seiring berjalannya waktu, saya melihat sebuah kebutuhan yang mendesak untuk lebih menguatkan iman saudara-saudari Katolik saya ketimbang berapologetika kontra agama atau gereja lain. Sampai saat ini saya memang masih melanjutkan kegiatan apologetik saya terutama untuk mengevangelisasi saudara-saudari Protestan supaya bersedia bersatu kembali dalam Gereja Katolik, tetapi sebagian besar aktivitas saya di dunia maya ini saya curahkan untuk mendukung usaha Gereja Katolik meneguhkan dan menguatkan umat-umat Katolik di Indonesia ini. 

Saya menjalankan blog ini secara swadaya saya sendiri dengan menyisihkan waktu, tenaga serta uang pribadi. Setiap hari saya mengusahakan waktu membaca satu hingga dua artikel tentang apologetika dan katekese serta bila ada waktu luang yang banyak, saya mencoba menulis artikel dan mempublikasikannya di blog ini dan di fanpage Katolik tempat saya berkarya. Ada sebuah kepuasan batin tersendiri yang bisa saya rasakan ketika saya, oleh karena rahmat Allah, dapat menguatkan iman saudara-saudari Katolik saya. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa saya ini manusia yang lemah dan bisa patah semangat juga. Oleh karena itu, saya mohon supaya saudara-saudari sekalian bersedia mendoakan saya kepada Allah, Tuhan kita.

Pax et bonum sit semper vobiscum . Semoga damai dan segala yang baik selalu bersama kalian.
Sang Jalan, Kebenaran dan Hidup telah mengikatku di dalam Tiang Penopang  dan Dasar kebenaran yang IA sendiri dirikan di atas Sang Batu Karang. by Indonesian Papist