Jumat, 17 Januari 2014


Berita hoax yang menyebutkan Paus Fransiskus meyakini neraka tidak ada dan Adam dan Hawa tidak nyata ternyata sampai ke portal berita resmi Tahta Suci, News.va. Di halaman facebooknya, News.va memberikan klarifikasi sekaligus daftar saluran informasi resmi Vatikan sebagai berikut:


Statement Palsu Diatributkan ke Paus Fransiskus

Teman-teman terkasih, kami telah diberitahu oleh banyak pembaca bahwa ada cerita-cerita yang beredar belakangan ini di internet menyebarkan pernyataan-pernyataan Paus Fransiskus mengenai sejumlah isu seperti mengenai isi Kitab Suci, hubungan antar agama, pembaharuan ajaran Gereja, dan bahkan mengadakan apa yang disebut “Konsili Vatikan Ke-3” yang mana semuanya ini adalah PALSU.

Pernyataan-pernyatan ini disebarkan oleh sumber-sumber yang tidak diketahui. Oleh karena itu, kami ingin memperingatkan para pembaca untuk hati-hati dan untuk tidak percaya terlalu cepat pada berita-berita mengenai Paus yang bukan berasal dari Vatikan. Ada juga banyak pancingan-pancingan (trolls) tak  teridentifikasi di jejaring sosial yang mencoba untuk mengedarkan informasi palsu, mengambil keuntungan dari fakta betapa mudahnya untuk “melempar batu dan sembunyi tangan”.

Banyak juga yang tidak sadar bahwa semua profil facebook Paus Fransiskus / Jorge Maria Bergoglio adalah bukan halaman resmi dan mereka tidak diberi otoritas untuk secara resmi mewakili Paus. Dengan demikian mereka sebaiknya menyatakan dengan jelas bahwa mereka hanyalah “halaman fans”.

Kami mendorong para pembaca utuk mengecek sumber-sumber media resmi Vatikan untuk konfirmasi lebih lanjut mengenai pernyataan-pernyataan Paus Fransiskus atau bahkan untuk mengecek apa yang sebenarnya Beliau katakan merujuk pada isu-isu spesifik.

Bila pernyataan-pernyataan yang diatributkan kepada Paus oleh berbagai agensi media tidak muncul pada sumber media resmi Vatikan, itu berarti bahwa informasi yang mereka laporkan tidaklah benar.

Di bawah ini adalah daftar media resmi Vatikan yang sebaiknya kalian gunakan sebagai referensi resmi untuk memastikan bahwa berbagai pernyataan yang dilaporkan mengenai Paus adalah benar:

News.va:
portal aggregator berita yang melaporkan berita dan informasi dari seluruh media Vatikan dalam satu website, tersedia dalam 5 bahasa: www.news.va. News.va juga memiliki sebuah halaman facebook: www.facebook.com/news.va;

L’Osservatore Romano (Surat Kabar Vatikan):

Radio Vatikan:

VIS (Vatican Information Service):

Kantor Berita Tahta Suci:

Centro Televisivo Vaticano – Pusat Televisi Vatikan:

Vatican.va:
Situs Resmi Tahta Suci di mana kalian dapat menemukan teks penuh semua pidato, homili dan dokumen apostolik oleh Paus: www.vatican.va

PopeApp:
Aplikasi resmi untuk smartphones yang didedikasikan untuk Paus (Copyright News.va)

@Pontifex:
Profile Twitter resmi Paus

Profil facebook resmi yang mewakili Tahta Suci dan Vatikan adalah yang hanya berasal dari News.va. dan media Vatikan (lihat daftar media Vatikan di atas).

Kami berterimakasih kepada anda semua atas perhatiannya dan juga pemberitahuan dan saran anda semua. Tolong share informasi ini sebanyak mungkin ke rekan-rekan anda! Terimakasih banyak!