Kamis, 14 Juli 2011

Info Post

Pesta Hari Raya Santo Petrus dan Paulus

Misa Kudus untuk Mengenakan Pallium Suci
kepada Para Uskup Agung Metropolitan

Vatikan Basilika
Rabu, 29 Juni, 2011

  "Non iam dicam servos, amicos sed" - "Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, tapi  Sahabat" (lih. Yoh 15:15)




Saudara-saudara,

"Non iam dicam servos, amicos sed" - "Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, tapi para Sahabat" (lih. Yoh 15:15).

Enam puluh tahun dari hari penahbisan imamat saya, saya mendengar sekali lagi dalam diriku kata-kata Yesus yang ditujukan kepada kami imam baru pada akhir upacara penahbisan oleh Uskup Agung, Kardinal Faulhaber, dalam suaranya agak lemah namun tegas . Menurut praktek liturgis waktu itu, kata-kata ini diberikan pada imam baru yang ditahbiskan yang diberikan otoritas untuk mengampuni dosa. "Bukan lagi lagi hamba, tapi Para Sahabat": pada saat itu saya tahu dalam hati bahwa kata-kata tersebut bukanlah hanya formalitas belaka, tidak pula hanya kutipan dari Kitab Suci. Aku tahu bahwa, pada saat itu, Tuhan sendiri berbicara kepada saya dengan cara yang sangat pribadi. Dalam baptisan dan konfirmasi (Krisma) Dia sudah menarik kita dekat pada-Nya, Dia sudah menerima kita ke dalam keluarga Allah. Tapi apa yang terjadi sekarang adalah sesuatu yang lebih besar lagi. Dia memanggil saya sahabat-Nya. Dia menyambut saya ke dalam lingkaran orang-orang yang telah berbicara dengan Dia di Ruang Atas, ke dalam lingkaran orang-orang yang Dia kenal dengan cara yang sangat khusus, dan yang datang juga untuk mengenal Dia dengan cara yang sangat khusus. Ia memberikan saya kuasa yang menakutkan untuk melakukan apa yang hanya Dia, Anak Allah, secara sah dapat mengatakan dan melakukan, yaitu: Aku mengampuni dosa-dosamu. Dia ingin aku - dengan otoritas-Nya - untuk dapat berbicara, dalam nama-Nya ("Aku" memaafkan), kata-kata yang tidak hanya sebuah kata belaka, tetapi juga sebuah tindakan, mengubah sesuatu pada tingkat yang terdalam menjadi seseorang. Saya tahu bahwa di balik kata-kata ini terletak kisah Sengsara-Nya yang dia tanggung untuk kita dan demi penebusan kita. Saya tahu bahwa pengampunan datang pada sebuah harga, yaitu: dalam Sengsara-Nya dia pergi jauh ke dalam kegelapan kotor dosa-dosa kita. Dia turun ke dalam malam kesalahan kita, karena hanya dengan demikian kita dapat diubah. Dan dengan memberi saya otoritas untuk mengampuni dosa, dia membuat saya melihat ke bawah dan ke dalam jurang manusia, ke dalam besarnya penderitaan-Nya untuk manusia seperti kita, dan ini memungkinkan saya untuk merasakan besarnya kasih-Nya. Dia mengakui saya: "bukan lagi seorang Hamba, tapi Para Sahabat". Dia mempercayakan kepada saya sebuah kata-kata konsekrasi dalam Ekaristi. Dia mempercayai saya untuk memberitakan Firman-Nya, untuk menjelaskan hal yang benar dan membawa kepada orang-orang hari ini. Dia mempercayakan diri-Nya pada saya. "Kamu bukan pelayan  lagi, tapi teman-teman": kata-kata ini membawa kegembiraan batin yang besar, tetapi pada saat yang sama, kami begitu menakjubkan bahwa seseorang bisa merasakan gentar setelah dekade berlalu di tengah begitu banyak pengalaman kerapuhan kesalahan diri sendiri dan terbatasnya tindakan kebaikan.

"Bukan lagi hamba, tapi Para Sahabat": kata-kata akan hal ini mengandung dalam dirinya sendiri sebuah rencana seluruh kehidupan imamat. Apa itu persahabatan? Idem velle, idem nolle - menginginkan hal yang sama, menolak hal yang sama: ini adalah defenisi yang diungkapkan di zaman kuno. Persahabatan adalah persamaan(komuni/bersekutu) dalam berpikir dan bertindak. Tuhan dengan tegas mengatakan hal yang sama dengan kita: "Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku" (Yoh 10:14). Sang Gembala memanggil kita dengan nama kita sendiri(lih. Yoh 10:3). Dia tahu nama saya. Saya tidak hanya sesuatu yang banyak yang tak bernama dalam ketidakterbatasan alam semesta. Dia tahu saya secara pribadi. Tetapi Apakah saya mengenal-Nya? Persahabatan yang Dia limpahkan kepada saya hanya dapat berarti bahwa saya juga mencoba untuk mengenal-Nya lebih baik, yaitu didalam Kitab Suci, dalam Sakramen-sakramen, dalam doa, dalam persekutuan orang kudus, pada orang-orang yang datang kepada saya, yang dikirim oleh Dia, saya mencoba untuk mengenal Tuhan sendiri lebih dan lebih. Persahabatan bukan hanya tentang mengetahui seseorang, di atas semua persamaan kehendak. Ini berarti yang saya akan tumbuh menjadi semakin besar sesuai dengan kehendak-Nya. Sebab kehendak-Nya bukan sesuatu yang eksternal dan asing bagi saya, sesuatu yang saya lebih atau kurang rela lakukan atau menolak untuk patuh. Tidak, dalam persahabatan, saya tumbuh bersama dengan kehendak-Nya, dan kehendak-Nya menjadi milikku: dengan cara ini adalah bagaimana saya menjadi benar-benar menjadi diri sendiri. Di atas persamaan(berkomuni/bersekutu) berpikir dan berkehendak, Tuhan menyebutkan tiga syarat elemen, yaitu: Dia memberikan hidup-Nya untuk kita (lih. Yoh 15:13; 10:15). Tuhan, membantu saya untuk mengenal anda sekalian lebih dan lebih. Membantu saya untuk selalu lebih menjadi dengan apa yang menjadi kehendakmu. Membantu saya untuk hidup bukan untuk saya sendiri saja, tetapi dalam persatuan dengan anda sekalian untuk hidup untuk orang lain. Membantu saya untuk menjadi lebih sebagai seorang teman anda.

Kata-kata Yesus pada persahabatan harus dilihat dalam konteks wacana pada pokok anggur. Asosiasi Tuhan tentang perumpamaan anggur dengan mengutus melakukan tugas kepada murid-murid-Nya, Para Rasul: "Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu." (Yoh 15:16). Pengutusan tugas pertama kepada para murid, kepada teman-teman-Nya, yaitu untuk keluar - ditunjuk untuk pergi -, melangkah di luar diri sendiri dan menuju terhadap orang lain. Di sini kita mendengar gema kata-kata Tuhan yang telah Bangkit kepada murid-murid-Nya pada akhir Injil Matius: "Karena itu pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku..." (bdk. Mat 28:19 f) Tuhan menantang kita untuk bergerak melampaui batas-batas dunia kita sendiri dan untuk membawa Injil kepada dunia orang lain, sehingga Injil meliputi segala sesuatu dan karenanya dunia dibuka untuk kerajaan Allah. Kita diingatkan pula bahwa bahkan Allah melangkah keluar diri-Nya, ia meninggalkan kemuliaan-Nya untuk mencari kita, untuk membawa kita Cahaya dan Cinta Kasih-Nya. Kami ingin mengikuti Allah yang menetapkan dengan cara ini, kita ingin bergerak melampaui batas dari untuk diri kita sendiri, sehingga ia sendiri dapat memasuki dunia kita.

Setelah referensi untuk pergi, Yesus terus mengatakan lagi: untuk menghasilkan banyak buah, yang buahnya tetap. Buah apa yang Dia harapkan dari kita? Apa ini buah yang tetap? Sekarang, hasil dari kebun anggur adalah buah anggur, dan dari buah anggur dibuat menjadi minuman anggur. Marilah kita merenungkan sejenak pada gambar ini. Untuk buah anggur yang baik dan masak, tidak saja matahari diperlukan, tetapi begitu juga hujan, siang yang panas dan malam yang dingin. Untuk menjadi minuman anggur bagus untuk matang, buah anggur harus ditekan/diperas, kesabaran diperlukan sementara buah anggur difermentasi dari buah anggur yang telah ditekan/diperas, menjaga dengan seksama diperlukan untuk membantu proses pematangan dari fermentasi tersebut. Minuman Anggur yang baik  ditandai tidak hanya oleh manisnya, tetapi juga dengan rasanya yang kaya dan halus, aroma berjenis yang berkembang selama proses pematangan dan fermentasi. Apakah ini belum cukup sebagai gambar kehidupan manusia, dan terutama kehidupan kita sebagai imam? Kita membutuhkan keduanya matahari dan hujan, kegembiraan dan kesulitan, saat-saat pemurnian dan pengujian, serta masa menyenangkan dalam perjalanan mewartakan Injil. Di belakang kita bisa bersyukur kepada Tuhan untuk keduanya: untuk tantangan dan kegembiraan, saat kali gelap dan waktu senang. Saat-saat tersebut, kita dapat mengenali kehadiran secara terus menerus Cinta Kasih-Nya, yang tak habis-habisnya mendukung dan terus mendukung kita.

Namun sekarang kita harus bertanya: apa jenis buah yang Tuhan harapkan dari kita? Minuman Anggur adalah lambang dari Cinta Kasih: ini adalah merupakan buah yang benar dan buah ini tetap, buah yang Tuhan inginkan dari kita. Tapi mari kita tidak lupa bahwa dalam Perjanjian Lama anggur yang diharapkan dari anggur yang bagus adalah sebuah lambang keadilan, yang muncul dari kehidupan yang dijalani sesuai dengan hukum Allah. Dan ini tidak dipandang sebagai pandangan Perjanjian Lama yang telah lampau - tidak, pandangan ini, masih tetap benar. Isi sebenarnya dari Hukum, yang merupakan sebuah Summa (ringkasan), adalah Cinta Kasih bagi Allah dan bagi sesama. Tetapi Cinta kepada Allah dan kepada sesama ini tidak saja merupakan Cinta manis yang sesederhana manisnya gula Sakarin(saccharine) dalam buah. Cinta Kasih ini ditanggung dan dimuat dari berbagai nilai yang berharga yaitu dari kesabaran, kerendahan hati, dan pertumbuhan sesuai dengan kehendak Allah kepada kita, dengan kehendak Yesus Kristus, sahabat kita. Hanya dengan cara ini, seluruh keberadaan kita mengambil sebuah kualitas kebajikan dan kebenaran, yang adalah Cinta Kasih yang sejati, hanya dengan cara demikian itu dapat dikatakan buah matang dan baik. Sebuah tuntutan dalam hati - kesetiaan kepada Kristus dan kepada Gereja-Nya - mencari pemenuhan yang selalu mencakup penderitaan. Ini adalah cara yang kegembiraan sejati dapat tumbuh. Pada tingkat yang dalam, esensi sebuah cinta kasih, esensi buah asli, bertepatan dengan ide tugas untuk pergi, yang akan menuju, sebuah tindakan yaitu: penyangkalan diri, memberikan diri, menyediakan dalam diri sebuah tanda salib. St.Gregorius Agung pernah mengatakan dalam hal ini: jika anda berjuang untuk Allah, berhati-hati untuk tidak pergi kepadanya hanya oleh dirimu sendiri - yang ingin saya katakan bahwa kita perlu menjaga status imam di hadapan kita setiap hari (H Ev 01:06:06 PL 76, 1097f.).

Sahabat sekalian, mungkin aku telah terlarut terlalu lama pada ingatan dalam diri saya dari enam puluh tahun pelayanan imamat saya. Sekarang saatnya untuk mengalihkan perhatian kita untuk tugas tertentu yang harus dilakukan hari ini.

Pada pesta Santo Petrus dan Paulus ucapan saya yang paling ramah ditujukan pertama-tama ke Bartholomaios Patriark Ekumenis dan Delegasi ia telah kirim, aku mengucapkan terima kasih atas kunjungan mereka yang paling diterima di acara bahagia ini pada hari raya suci Rasul yang menjadi pelindung(Patron) Roma. Saya juga menyambut para Kardinal, para uskup saudara saya, para duta besar dan otoritas sipil serta para imam, para saudara-saudara saya yang menghadiri Misa Perdana saya sebagai Imam, agamawan dan awam yang setia. Saya berterima kasih kepada anda semua untuk kehadiran Anda dan atas doa-doa anda sekalian.

Para uskup agung metropolitan yang ditunjuk sejak hari raya Santo Petrus dan Paulus tahun lalu sekarang akan menerima pallium. Apa artinya ini? Ini mungkin mengingatkan kita pada contoh mudah pertama yaitu kuk Kristus yang dibebankan pada kita (bdk. Mat 11:29 f.). Kuk Kristus adalah identik dengan persahabatan. Ini adalah kuk persahabatan dan karena itu disebutkan "kuk manis", tapi juga merupakan kuk menuntut, yang membentuk kita. Ini adalah kuk kehendak-Nya, yang merupakan kebenaran dan cinta kasih. Bagi kita yang adalah Imam, maka, pertama-tama dan terutama kuk memimpin orang lain untuk menjalankan persahabatan dengan Kristus dan selalu menyediakan waktu untuk orang lain, merawat mereka sebagai gembala. Hal ini membawa kita kepada arti lebih lanjut dari pallium: itu adalah tenunan dari wol domba yang diberkati pada pesta Santa Agnes. Oleh karena itu mengingatkan kita pada Gembala yang diri-Nya menjadi domba, karena cinta-Nya bagi kita. Ini mengingatkan kita Kristus, yang berangkat melalui pegunungan dan gurun, di mana domba-Nya, umat manusia, telah menyimpang dan tersesat. Ini mengingatkan kita Dia yang menggendong domba - umat manusia - saya - diatas pundak-Nya, untuk membawa saya pulang. Dengan demikian mengingatkan kita bahwa kita juga, sebagai gembala dalam pelayanan-Nya, adalah memiliki tugas untuk membawa orang lain bersama kami, membawa mereka seolah-olah di atas bahu kita dan membawa mereka kepada Kristus. Ini mengingatkan kita bahwa kita dipanggil untuk menjadi gembala dari kawanan domba-Nya, yang selalu tetap dan tidak menjadi milik kita. Akhirnya pallium juga berarti cukup konkret yaitu persekutuan para gembala Gereja dengan Petrus dan dengan penerusnya - itu berarti bahwa kita harus menjadi gembala untuk kesatuan dan persatuan, dan bahwa hanya dalam kesatuan yang diwakili oleh Petrus bahwa kita benar-benar mengarah orang kepada Kristus.

Enam puluh tahun pelayanan imamat sya -  para teman terkasih, mungkin saya telah berbicara terlalu lama tentang hal ini. Tapi aku merasa saat ini diminta untuk melihat kembali pada hal-hal yang telah meninggalkan jejak pada enam dekade terakhir. Saya merasa diminta untuk menyampaikan kepada anda, semua imam dan uskup dan umat beriman dari Gereja, kata-kata harapan dan semangat, sebuah kata yang telah matang dalam pengalaman panjang bagaimana baiknya Tuhan itu. Di atas semua itu, meskipun, ini adalah waktu syukur: terima kasih kepada Tuhan untuk persahabatan-Nya bahwa Dia telah berikan kepada saya dan bahwa Dia ingin menganugerahkan itu kepada kita semua. Terima kasih kepada orang-orang yang telah membentuk dan menemani saya. Dan semua ini termasuk doa bahwa Tuhan akan suatu hari menyambut kami dalam kebaikan-Nya dan mengajak kita untuk merenungkan kegembiraan-Nya.Amen

link: http://www.vatican.va/holy_father/benedict_xvi/homilies/2011/documents/hf_ben-xvi_hom_20110629_pallio_en.html

terjemahan dari admin
ut habeatis fidem in Ecclesia Catholica