Minggu, 27 Maret 2011

Info Post
Uskup Agung Utama Sviatoslav Schevchuk
Uskup Agung Schevchuk (40) menggantikan Lubomyr Kardinal Hussar

Kiev, Ukraina, 25 Maret 2011 (Zenit.org) - Benediktus XVI menganugerahkan persekutuan gerejawi kepada Uskup Agung Sviatoslav Schevchuk, 40, sebagai Ordinaris Eparki Agung (Keuskupan Agung) Kiev (Ukraina) dan Primat Gereja Katolik Yunani Ukraina.

Sinode Para Uskup Gereja Katolik Yunani Ukraina, bertemu di Kiev, memilih Uskup Agung Schevchuk pada hari Rabu (23 Maret 2011) sebagai pengganti Kardinal Lubomyr Husar (78) yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan pada bulan Februari. Berdasarkan Kitab Hukum Kanonik 


Gereja-Gereja Timur menetapkan (Canon 153) bahwa pengangkatan Uskup Agung memerlukan pengakuan akan persekutuan dengan Gereja Universal yang diberikan oleh Paus


Uskup Agung Schevchuk (Roma belum menetapkan titel Kepatriarkhan untuk Gereja iniadalah uskup termuda yang mengambil bagian dalam sinode dan juga merupakan uskup termuda keempat dalam Gereja Katolik.







Dia akan menjadi Gembala dari 5 juta orang beriman (Katolik Yunani-Ukraina), Gereja yang terbesar dari Gereja-Gereja Katolik Timur. Gereja ini bersatu dengan Roma setelah Persatuan Brest (1596), dan Gereja ini secara khusus dianiaya karena alasan persatuan ini selama periode Soviet, ketika Stalin memerintahkan pembubaran Gereja ini pada tahun 1948. Penganiayaan yang legal dan marginalisasi berakhir pada tahun 1989 ketika, setelah jatuhnya komunisme, Gereja ini kembali mendapat pengakuan yuridis.

Sviatoslav Schevchuk lahir di Styj, dekat Lviv, pada tahun 1970. Ia masuk seminari pada tahun 1983, dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1994, pada usia 24Ia menerima gelar doktor dalam teologi moral dari Universitas St Thomas AquinasPada tahun 2009, ia diangkat sebagai Uskup Auksilier Eparki Santa María del Patrocinio di Buenos Aires, Argentina, dan pada tahun 2010 ditunjuk sebagai Administrator Apostolik Eparki tersebutUskup Agung Schevchuk akan memiliki Tahta Kiev pada hari Minggu.