Rabu, 18 Januari 2012

Info Post

1. Apa rencana Allah untuk manusia?
Allah, yang sempurna dan penuh bahagia, berencana membagikan kebaikan- Nya dengan menciptakan manusia agar manusia ikut ambil bagian dalam kebahagiaan-Nya. Dalam kepenuhan waktu, ketika saatnya tiba, Allah Bapa mengutus Putra-Nya sebagai Penebus dan Penyelamat manusia, yang sudah jatuh ke dalam dosa, memanggil semuanya ke dalam Gereja-Nya, dan melalui karya Roh Kudus, mengangkat mereka sebagai anak-anak-Nya dan pewaris kebahagiaan abadi.

Komentar:
Allah menciptakan manusia karena Ia ingin berbagi kebahagiaan-Nya dengan manusia. “Ia memanggil manusia dan menolongnya untuk mencari-Nya, untuk mengenal-Nya, dan untuk mencintai-Nya dengan segala kekuatannya. Ia memanggil semua manusia yang sudah tercerai-berai satu dari yang lain oleh dosa ke dalam kesatuan keluarga-Nya, Gereja. Ia melakukan seluruh usaha itu dengan perantaraan Putera-Nya, yang telah Ia utus sebagai Penebus dan Juru Selamat, ketika genap waktunya. Dalam Dia dan oleh Dia Allah memanggil manusia supaya menjadi anak-anak-Nya dalam Roh Kudus, dan dengan demikian mewarisi kehidupan-Nya yang bahagia.” (KGK 1).

Dari hal ini, dapat kita lihat bahwa Pengutusan Putera, Pendirian Gereja-Nya, dan Karya Roh Kudus adalah rencana keselamatan Allah bagi kita. Poin kedua, pendirian Gereja, seringkali diabaikan atau bahkan ditolak oleh umat Katolik sendiri. Iman Katolik selalu mengajarkan bahwa Kristus HANYA mendirikan Gereja Katolik di atas St. Petrus sebagai Sarana Keselamatan Universal. Kristus memang mendirikan Gereja dan Gereja menjadi tanda cintakasih-Nya bagi kita. Bapa Gereja perdana, St. Klemens dari Alexandria mengatakan, “Sebagaimana kehendak Allah adalah satu karya dan bernama dunia, demikian rencana-Nya adalah keselamatan manusia, dan ini namanya Gereja."

Selanjutnya, bagaimana kita bisa diselamatkan oleh penebusan Kristus, digabungkan dalam Gereja-Nya, dan diangkat menjadi anak-anak Allah dan pewaris kebahagiaan abadi? Kita dapat memperolehnya oleh karena PEMBAPTISAN yang kita terima. KGK 1257 menyatakan, “Gereja tidak mengenal sarana lain dari Pembaptisan, untuk menjamin langkah masuk ke dalam kebahagiaan abadi.” Allah menghendaki kita mengambil bagian dalam kebahagiaan-Nya melalui Pembaptisan. Kita perlu tahu bahwa karena Pembaptisan, kita bisa mengalami rencana keselamatan dari Allah. Pembaptisan yang kita terima membuahkan:
1. Pengampunan seluruh dosa kita (bdk. Katekismus Gereja Katolik 1263 dan 1279)
2. Pemberikan meterai tak terhapuskan yang menggabungkan kita dengan Kristus (bdk. KGK 1272-1274 dan 1279)
3. Persatuan dengan Gereja-Nya (bdk. KGK 1267 dan 1279)
4. Pengangkatan kita sebagai anak-anak Allah (bdk. KGK 1265 dan 1279)
5. Kesatuan Sakramental dari Kesatuan Kristen (bdk. KGK 1271)

Tetapi kebahagiaan bersama Allah yang kita terima melalui pembaptisan dapat hilang bila kita tidak melakukan perbuatan cinta kasih dan malah melakukan dosa berat. Seperti kata St. Yakobus, iman tanpa perbuatan adalah mati.

Berbahagialah kita semua karena Pembaptisan yang kita terima tetapi tetaplah kerjakan keselamatan kita dengan takut dan gentar untuk dapat memperoleh kebahagiaan abadi bersama Allah.

Pax et Bonum