Rabu, 22 Februari 2012

Info Post
Artikel ini ditulis oleh Indonesian Papist untuk merespon penyesatan yang terjadi.

Seorang non-Katolik bernama Sa Sha menyebarkan sebuah pemahaman yang keliru mengenai Dogma Katolik Extra Ecclesiam Nulla Salus (Di Luar Gereja Katolik tidak ada Keselamatan). Dia mengklaim pemahamannya mengenai Extra Ecclesiam Nulla Salus adalah pemahaman Gereja Katolik. Berikut ini artikel yang ia sebarkan ke berbagai orang Katolik di facebook. 
Dogma EXTRA ECCLESIAM NULLA SALUS (EENS)
TIDAK ADA Keselamatan diluar PAUS ROMA Katolik (EENS) adalah DOGMA Gereja Katolik.
Dogma adalah ajaran Roma Katolik yang MUTLAK dan INFALLIBLE (tidak salah) sifatnya.

EENS adalah ajaran/Dogma Gereja Katolik yang HARUS DIIMANI oleh seluruh Umat Gereja Katolik, penyangkalan ajaran ini (EENS dan Dogma lainnya) otomatis menjadikan seseorang TIDAK lagi memperoleh bagian keselamatan dari Gereja Roma Katolik.

"Gereja Roma yang Kudus benar-benar mempercayai, meyakini dan menyatakan bahwa mereka yang TIDAK hidup dalam Gereja Roma Katolik, tidak hanya Kafir, tapi juga penganut Yudaisme, bidat (protestan) dan SKISMATIK (ORTHODOX) TIDAK BISA menjadi pengikut serta dalam kehidupan kekal, tapi akan pergi ke dalam API YANG KEKAL (NERAKA) yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya"
PAUS Eugene IV dan Konsili Florence (A.D. 1438 - 1445)
"Adalah SANGAT PERLU bagi semua orang untuk KESELAMATAN mereka, TUNDUK kepada kekuasaan Paus Roma." (Unam Sanctam)
Demikianlah artikel dari Sa Sha tersebut. Pertama-tama, bila kita melihat sumbernya si Sa Sha (forumkristen.com di atas), dia mengambil artikel yang justru dibuat oleh Protestan anti-Katolik untuk menyebarkan pemahaman Extra Ecclesiam Nulla Salus yang salah dan keliru. Protestan anti-Katolik ini sengaja mengutip keluar konteks semua dokumen Gereja untuk menjatuhkan atau mendiskreditkan Gereja Katolik.

Saya, Indonesian Papist, akan memisah-misahkan dulu poin-poin di atas untuk menunjukkan mana saja pernyataan yang sesuai dengan posisi Gereja dan mana yang tidak.
1. TIDAK ADA Keselamatan diluar PAUS ROMA Katolik (EENS) adalah DOGMA Gereja Katolik.
Tanggapan: Ini pernyataan yang memiliki kekeliruan yang fatal yang menunjukkan bahwa pemahaman Sa Sha dan Si Protestan anti-Katolik itu sama sekali tidak sesuai apa yang dipahami oleh Gereja Katolik mengenai Dogma Extra Ecclesiam Nulla Salus. Sa Sha dan Si Protestan tersebut menyamakan Extra Ecclesiam Nulla Salus (Di Luar Gereja Tidak Ada Keselamatan) dengan Extra Papam Nulla Salus (Di Luar Paus Tidak Ada Keselamatan), sebuah kalimat yang asing sekali bagi Gereja Katolik. Anda bisa googling dengan keyword “Outside roman pope there is no salvation” dan saya yakin tidak ada satu pun artikel dari situs Katolik yang menyatakan kalimat seperti ini adalah kalimat Gereja, dogma Gereja. Saya sudah melakukannya dan tidak menemukan apa-apa. Dengan mengatakan demikian, baik Si Sa Sha maupun Si Protestan mengidentikkan atau menyamakan Gereja dengan Paus. “Paus adalah Gereja, dan Gereja adalah Paus.” Demikianlah anggapan mereka.
2. Dogma adalah ajaran Roma Katolik yang MUTLAK dan INFALLIBLE (tidak salah) sifatnya.
Tanggapan: Dogma itu memang mutlak dan infallible (tidak dapat salah). Sebagian kalimat ini benar kecuali pada “Roma Katolik”. Sa Sha dan Si Protestan seperti layaknya umat Protestan lain pada umumnya, masih mengidentikkan bahwa Gereja Katolik adalah Katolik Roma SAJA. Padahal sebagaimana yang Gereja Katolik ajarkan, Gereja Katolik bukanlah hanya Gereja Katolik Roma SAJA. Katolik Roma adalah salah satu dari 23 Puteri Gereja Katolik. Di samping Katolik Roma, masih ada 22 Katolik Timur. [1] Gereja Katolik adalah Bunda sementara Katolik Roma dan 22 Katolik Timur lainnya adalah Puteri-puteri Gereja Katolik. [2]

Tentang dogma itu sendiri saya berikan penjelasan dari Pater Stravinskas dan Katekismus Gereja Katolik.
"Dogma adalah pengajaran Gereja yang diwahyukan secara implisit atau eksplisit oleh Kitab Suci atau Tradisi Suci, untuk diyakini oleh umat beriman berdasarkan definisi khidmat atau kuasa mengajar biasa Gereja. ... Sebagai tambahan, dogma harus diajukan sebagai [pengajaran] yang mengikat umat beriman. Oleh karena itu,  penerimaan terhadap dogma adalah perlu untuk keselamatan [umat beriman].(Reverend Peter M.J. Stravinskas, Ph.D., S.T.L. Our Sunday Visitor’s Catholic Encyclopedia. Copyright © 1994, Our Sunday Visitor.)
"Kehidupan rohani kita dan dogma-dogma itu mempunyai hubungan organis. Dogma-dogma adalah cahaya di jalan kepercayaan kita, mereka menerangi dan mengamankannya. Sebaliknya melalui cara hidup yang tepat, pikiran dan hati kita dibuka, untuk menerima cahaya dogma iman itu."  (KGK 89)
3. EENS adalah ajaran/Dogma Gereja Katolik yang HARUS DIIMANI oleh seluruh Umat Gereja Katolik, penyangkalan ajaran ini (EENS dan Dogma lainnya) otomatis menjadikan seseorang TIDAK lagi memperoleh bagian keselamatan dari Gereja Roma Katolik.
Tanggapan: Benar, kecuali pada bagian penggunaan istilah “Gereja Roma Katolik”. Alasannya sama seperti tanggapan nomor 2.
4. "Gereja Roma yang Kudus benar-benar mempercayai, meyakini dan menyatakan bahwa mereka yang TIDAK hidup dalam Gereja Roma Katolik, tidak hanya Kafir, tapi juga penganut Yudaisme, bidat (protestan) dan SKISMATIK (ORTHODOX) TIDAK BISA menjadi pengikut serta dalam kehidupan kekal, tapi akan pergi ke dalam API YANG KEKAL (NERAKA) yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya" PAUS Eugene IV dan Konsili Florence (A.D. 1438 - 1445)
Tanggapan: Tambahan dalam kurung di atas adalah dari Si Sa Sha dan Si Protestan anti-Katolik tersebut. Istilah “Bidat” di dokumen ini tidak merujuk kepada Protestan karena Protestan baru muncul abad ke-16, sedangkan dokumen ini jauh lebih tua dari usia Protestantisme. Bagaimanapun juga, Protestantisme tetaplah merupakan bidaah yang dikutuk  pada Konsili Ekumenis berikutnya, Konsili Trente. Istilah “Skismatik” juga tidak secara khusus merujuk kepada Ortodoks tetapi kepada siapapun yang dulunya Katolik tetapi kemudian meninggalkan persatuan dengan Gereja Katolik. Yang paling fatal, tidak ada istilah “Gereja Roma Katolik” pada dokumen tersebut. Terminologi “Roma Katolik” di dalam dokumen ini adalah hasil penambahan dari Si Sa Sha dan Si Protestan anti-Katolik tersebut. Berikut ini kutipan yang lebih lengkap.
"Gereja Roma yang Kudus benar-benar mempercayai, meyakini dan menyatakan bahwa mereka yang tidak hidup dalam Gereja Katolik, tidak hanya Kafir, tapi juga penganut Yudaisme, bidat dan skismatik tidak bisa menjadi pengikut serta dalam kehidupan kekal, tapi akan pergi 'ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya' (Mat 25:41), kecuali sebelum akhir hidupnya mereka ditambahkan ke kumpulan domba; dan kesatuan dari tubuh Gereja begitu kuatnya sehingga hanya kepada mereka yang berada didalam kesatuan tersebut sakramen Gereja berdaya untuk keselamatan. Dan [hanya didalam Gerejalah] puasa, kemurahan dan fungsi kebaikan kristen lain bisa memberikan hadiah, dan bahwa tidak seorangpun, apapun kemurahan yang dia lakukan, bahkan bila dia telah menumpahkan darah untuk nama Kristus, bisa diselamatkan, kecuali dia berada didalam pelukan dan kesatuan dari Gereja Katolik."  (Paus Eugenius IV pada Konsili Florence, 1438-1445)
Dari sini kita ketahui bahwa mereka tidak memahami dokumen tersebut tetapi berani menambahkan pemahaman mereka sendiri kepada dokumen ini bahkan mengkorup sebagian isi dokumen tersebut.
5. "Adalah SANGAT PERLU bagi semua orang untuk KESELAMATAN mereka, TUNDUK kepada kekuasaan Paus Roma." (Unam Sanctam)
Tanggapan: Bila kita melihat sepenggal seperti ini, maka kita bisa dengan mudah menganggap kalau benarlah kesimpulan Si Sa Sha dan Si Protestan anti-Katolik bahwa di luar Paus tidak ada keselamatan (EPNS) adalah dogma Katolik. Tetapi, Bulla Unam Sanctam harus dibaca keseluruhan. Bulla Unam Sanctam ini pertama-tama menegaskan dogma Extra Ecclesiam Nulla Salus tanpa mendefinisikan "Di Luar Paus Roma Katolik Tidak Ada Keselamatan".

Berdasarkan iman kami berkewajiban untuk percaya dan menegaskan bahwa Gereja adalah satu kudus, katolik, dan apostolik. Kami percaya akan Gereja dengan teguh dan kami mengakui dengan segala kesederhanaan bahwa di luar Gereja tidak ada keselamatan atau pengampunan dosa, seperti pengantin pria dalam Kidung Agung menyatakan: " Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya (Kid 6:9)". Dan dia menghadirkan satu Tubuh Mistik Kristus yang tunggal, dimana Kristus adalah kepalanya dan Kristus sang kepala adalah Allah (1 Kor 11:3). Dalam dia selanjutnya hanya ada satu Tuhan, satu iman, dan satu Baptisan (Ef 4:5). Karena pada saat air bah hanya ada satu bahtera Nuh, yang melambangkan satu Gereja, dimana bahtera itu, setelah selesai menjadi satu kapal, hanya memiliki satu nahkoda dan pemandu, yaitu Nuh, dan kita membaca bahwa, diluar bahtera ini, seluruh isi bumi telah dihancurkan. (Paus Bonifasius VIII, Bulla Unam Sanctam) [3]
Unam Sanctam berbicara mengenai EENS tetapi Unam Sanctam tidak bisa dijadikan dasar untuk Di Luar Paus tidak ada keselamatan. Apa yang tidak tepat dari kesimpulan Si Sa Sha dan Si Protestan anti-Katolik dengan mengeluarkan pernyataan “Di Luar Paus Roma Katolik tidak ada keselamatan adalah Dogma Katolik”?

Dogma Gereja Katolik mengenai Keselamatan adalah Extra Ecclesiam Nulla Salus (Di Luar Gereja tidak ada keselamatan), bukan “Di luar Paus Roma Katolik tidak ada keselamatan”. Tidak ada satupun dokumen resmi Gereja Katolik yang menyebutkan kalimat “Di Luar Paus Roma Katolik tidak ada keselamatan”. Unam Sanctam dan sejumlah dokumen lain memang menegaskan perlunya ketaatan terhadap Paus Roma untuk keselamatan, tetapi hal ini tidak bisa menjadi dasar untuk menyimpulkan ajaran “Di Luar Paus Roma tidak ada keselamatan.” Penegasan perlunya ketaatan terhadap Paus Roma untuk keselamatan ini sebanding atau setipe dengan penegasan perlunya ketaatan umat beriman terhadap Konsili-konsili Ekumenis untuk keselamatan umat beriman. Apakah perlunya ketaatan pada Konsili-konsili Ekumenis lalu membuat kita mendefinisikan “Di Luar Konsili-konsili Ekumenis tidak ada keselamatan”?

Lalu, Gereja juga menegaskan bahwa tujuh sakramen Gereja perlu untuk keselamatan umat beriman. “I profess also that there are seven sacraments of the new law, truly and properly so called, instituted by our lord Jesus Christ and necessary for salvation, though each person need not receive them all. (Beato Pius IX, Sesi II Konsili Vatikan I)” 
Nah, apakah dengan ini terus keluar definisi “Di Luar Sakramen-sakramen tidak ada keselamatan”?

Mendefinisikan atau mengajarkan ajaran “Di Luar Paus Roma tidak ada keselamatan”, “Di Luar Konsili Ekumenis tidak ada keselamatan”, “Di Luar Sakramen-sakramen tidak ada keselamatan” dll hanya akan mengaburkan hakikat Gereja itu sendiri. Kalimat-kalimat asing ini mengajarkan Gereja adalah Paus, Gereja adalah Konsili Ekumenis dan Gereja adalah Sakramen Gereja dll yang mana jelas keliru. Perlunya ketaatan terhadap Paus Roma untuk keselamatan, perlunya ketaatan terhadap Konsili Ekumenis dan perlunya tujuh sakramen Gereja untuk keselamatan sungguh-sungguh merupakan ajaran Gereja Katolik tetapi tidak bisa kita jadikan dasar untuk mere-definisikan dogma Extra Ecclesiam Nulla Salus menjadi kalimat-kalimat asing di atas.

Dengan taat pada Paus Roma, pada Konsili Ekumenis, menerima sakramen-sakramen akan membuat kita berada di dalam Gereja sehingga dapat diselamatkan. Menolak Paus Roma, Konsili Ekumenis, dan Sakramen-sakramen akan membuat kita berada di luar Gereja sehingga tidak dapat diselamatkan. Tetapi fakta ajaran ini tidak dapat membuat kita mendefinisikan dogma EENS dengan kalimat-kalimat asing di atas.

Bagaimana Posisi Indonesian Papist mengenai Dogma Extra Ecclesiam Nulla Salus? Indonesian Papist selalu mengimani dogma Extra Ecclesiam Nulla Salus tetapi dogma ini hendaknya diimani dan dipahami sebagaimana Gereja Katolik memahami Extra Ecclesiam Nulla Salus ini. Berikut ini berbagai artikel dalam Indonesian Papist mengenai Dogma Extra Ecclesiam Nulla Salus:

Btw, apakah Sa Sha itu Katolik?
Saya ragu ia seorang Katolik. Ia justru berusaha mendiskreditkan Katolik sambil mengutip bahkan mengkorup dokumen-dokumen Gereja Katolik. Sebagai contoh, perhatikan gambar ini:

Bisa dilihat kalau Sa Sha menambah kata “Roma Katolik” pada pernyataan St. Agustinus di atas, padahal artikel yang benar itu seperti berikut:
"No man can find salvation except in the Catholic Church. Outside the Catholic Church one can have everything except salvation. One can have honor, one can have the sacraments, one can sing alleluia, one can answer amen, one can have faith in the name of the Father and of the Son and of the Holy Ghost, and preach it too, but never can one find salvation except in the Catholic Church." (Sermo ad Caesariensis Ecclesia plebem)
Kemudian, ia malah menyatakan kalimat yang aneh dan sangat Protestan sekali (klik gambar untuk memperbesar): 
“Kalau sudah TAHU namun TIDAK mau tunduk dan takluk pada Paus dan organisasinya (Roma Katolik), maka ia TIDAK dapat diselamatkan.” Perhatikan kata-kata “Paus dan organisasinya (Roma Katolik)”. Seorang Katolik yang sejati tidak akan menyatakan bahwa Gereja Katolik itu semata-mata organisasi apalagi sampai mengatakan bahwa Gereja Katolik adalah organisasi milik Paus. Kalimat yang dinyatakan oleh Sa Sha ini membuat saya semakin meragukan bahwa ia bukan Katolik.

Bukti lain lagi yaitu kalimat Sa Sha (lihat pada gambar pertama) yang berbunyi demikian: “Baptisan maupun sakramen ekaristi diluar dari yang dilakukan Paus dan imam tahbisan Paus adalah TIDAK SAH, karenanya TIDAK menyelamatkan manusia.” Kalimat ini menunjukkan betapa kacaunya pemahaman dia mengenai Katolik. Saya tidak dibaptis oleh imam yang ditahbiskan Paus tetapi ditahbiskan oleh uskup dari Belanda. Semua Ekaristi yang saya hadiri dipimpin dan dirayakan oleh imam-imam yang tidak ditahbiskan Paus melainkan oleh imam-imam yang ditahbiskan oleh uskup setempat. Lalu, karena imam-imam ini tidak ditahbiskan Paus, berarti Baptisan dan Ekaristi yang saya terima itu TIDAK SAH sehingga tidak menyelamatkan? Sekali lagi, di sini terlihat bahwa ia memiliki pemahaman yang kacau mengenai Gereja Katolik.

Melihat penyesatan yang dilakukannya, maka setiap umat Katolik hendaknya berhati-hati dengan pendapat dan argumen atau pengajaran yang ia berikan atau sampaikan. Anda sekalian dapat menggunakan artikel yang Indonesian Papist tulis ini untuk menunjukkan bahwa ia tidak kredibel sama sekali dalam berbicara mengenai ajaran Katolik. Pax et Bonum

Link Kaki: